x
DPD RI Mendukung Penguatan Kerjasama Bilateral Pemerintah Indonesia-Rusia

Ketua DPD RI Irman Gusman menerima Wakil Ketua Dewan Federasi Majelis Federal Federasi Rusia Nikolay Vasilievich Fedorov beserta rombongan Senat 3 Negara Bagian Rusia. Turut hadir pula Anggota Badan Kerjasama Parlemen DPD RI. Pertemuan ini berlangsung di Gedung Nusantara III Senayan Jakarta, Senin(14/3).

Dalam pertemuan tersebut kedua belah pihak membicarakan peningkatan kerjasama ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan pertahanan. Pada kesempatan yang lalu Irman Gusman juga menerima delegasi Menteri perdagangan Rusia Denis Manturov membicarakan ekonomi perdagangan. “Menurut laporan terakhir kerjasama yang terjalin antara Indonesia Rusia dalam bidang legislatif dan eksekutif semakin baik, bahkan Presiden Jokowi akan hadir ke Rusia bulan Mei untuk membicarakan kerjasama dua negara,”ujar Irman.

 

Menurut Irman Gusman Tahun 2030 nanti Indonesia diprediksi akan menjadi salah satu ekonomi kuat di dunia. “Untuk mencapai hal tersebut kerjasama dengan Rusia sangat perlu,” tukasnya.

 

Irman Gusman berharap Rusia melihat juga daerah-daerah di Indonesia yang begitu luas dan penuh potensi sumber daya dan bisa menarik investor-investor Rusia untuk masuk lebih meningkatkan kerjasama dengan Indonesia. Salah satu kerjasama yang sudah terjalin dengan Rusia saat ini adalah pembangunan jalur kereta api yang sekarang sedang dibangun di Kalimantan timur.


Pada kesempatan yang sama Senator kalimantan Timur Muhammad Idris mengapresiasi kerjasama Indonesia-Rusia dalam pembangunan jalur kereta yang menghubungkan 5 provinsi di Kalimantan. “pembangunan jalur kereta api tersebut dapat mengurangi jarak dan ketinggalan di Kalimantan,” jelas Idris.

 

Farouk Muhammad Wakil Ketua DPD RI mendukung proyek Rusia terkait pembangunan kereta api di Kalimantan Timur. “Ke depan semoga diperluas ke Provinsi lainnya, dan sekarang pemerintah sedang melakukan beberapa perubahan peraturan untuk dapat mempermudah kerjasama investasi antar negara,” kata Senator NTB. Beliau juga menambahkan beberapa kali bersurat dengan Dewan Federasi Rusia agar tidak hanya mengunjungi Jakarta tetapi juga menyempatkan waktu ke bali lombok dan beberapa destinasi wisata di indonesia.

 

Nikolay Vasilievich Fedorov sendiri sangat mengapresiasi sambutan hangat dari DPD RI. “Saya berkeyakinan bisa mencapai kerjasama dengan baik, besok bulan mei Presiden Jokowi akan berkunjung ke Rusia dan rencananya akan meneken kerjasama di berbagai bidang dengan Rusia,” kata Nikolay. 

 

Kabarnya Presiden Jokowi akan meneken MoU di bidang kesehatan, pengembangan teknologi, pengembangan bidang komunikasi, pencegahan dan penanggulangan darurat bencana, kerjasama pencegahan kejahatan trans nasional dan persetujuan kerjasama di bidang pertahanan.(mas)

14 Maret 2016
Kembali
LIVE STREAM