x
PENGUMUMAN PENERIMAAN STAF AHLI BADAN KERJA SAMA PARLEMEN (BKSP) DPD RI

PENERIMAAN STAF AHLI BADAN KERJA SAMA PARLEMEN (BKSP) DPD RI

 

Bersama ini diumumkan bahwa pada Tahun Anggaran 2019, Badan Kerja Sama Parlemen DPD RI membutuhkan Tenaga Ahli dengan ketentuan sebagai berikut:

PERSYARATAN UMUM

  1. Warga Negara Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Berusia minimal 28 Tahun.
  3. Lulusan Perguruan  Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta  atau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dengan keahlian Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Ekonomi Internasional, Ilmu Administrasi Publik, dan Ilmu Jurnalistik.
  4. Berpendidikan Terakhir minimal strata 2 (S2) dengan pengalaman kerja minimal 5 tahun atau strata 3 (S3) dengan pengalaman kerja minimal 3 tahun.
  5. Dengan minimal IPK 3,00 untuk lulusan Perguruan Tinggi Negeri atau minimal IPK 3,25 untuk lulusan Perguruan Tinggi Swasta.
  6. Menguasai bahasa Indonesia dengan baik (lisan atau tulisan).
  7. Menguasai bahasa Inggris dengan baik (lisan atau tulisan) dan memiliki nilai minimal TOEFL 550 yang ditunjukkan dengan hasil tes TOEFL (sertifikat yang dikeluarkan dari institusi resmi) maksimal 1 (satu) tahun terakhir.
  8. Dapat mengoperasionalkan komputer (aplikasi office, Internet).
  9. Sehat jasmani dan rohani serta bebas dari narkoba, dibuktikan dengan surat keterangan dari rumah sakit pemerintah/swasta.
  10. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
  11. Membuat pernyataan di atas meterai bersedia menjalankan kewajiban dan memperoleh hak bagi staf ahli Alat Kelengkapan sebagaimana di atur dalam surat Keputusan Sekretaris Jenderal DPD RI.
  12. Mengikuti proses assessment yang dilaksanakan oleh Badan Kerja Sama Parlemen (BKSP).
  13. Berdomisili di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

PERSYARATAN KHUSUS

Calon Staf Ahli Badan Kerja Sama Parlemen (BKSP) DPD RI harus mempunyai kemampuan substansial untuk menganalisis suatu permasalahan yang berkaitan dengan lingkup tugas Badan Kerja Sama Parlemen (BKSP) DPD RI, yaitu:

  1. Sidang Parlemen Internasional/Regional;
  2. Forum-forum Internasional;
  3. Kerjasama Bilateral Parlemen;
  4. Kerjasama Internasional/Regional;
  5. Potensi dan Investasi Daerah.
  6. Mengidentifikasi, memahami dan menganalisa isu-isu berkaitan dengan dunia Internasional, Kerjasama antar Parlemen, Sidang Parlemen Internasional dan forum-forum  Internasional seperti PnoWB, Globe World Climate, AIPA, APPF, IPU, APA, PUIC dan lain-lain sesuai dengan lingkup tugas Badan Kerja Sama Parlemen (BKSP) DPD RI.
  7. Mampu dan memiliki keahlian dalam mengidentifikasi, menganalisa serta memberikan informasi tentang Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Ekonomi Internasional, Ilmu Administrasi Publik, dan Ilmu Jurnalistik.
  8. Mengidentifikasi dan menganalisis terhadap pelaksanaan hasil kesepakatan atas Kerjasama DPD RI dengan Parlemen di negara-negara Lain.
  9. Menyajikan data dan informasi berkaitan dengan pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Kerja Sama Parlemen (BKSP) DPD RI.

MEKANISME REKRUITMEN

Berkas lamaran disampaikan langsung atau melalui pos ditujukan kepada Sekretaris Jenderal DPD RI Up. Sekretariat Badan Kerja Sama Parlemen (BKSP) DPD  RI d/a Jl. Jenderal Gatot Subroto No 6 Jakarta Pusat 10270, paling lambat tanggal 4 Desember 2018, dengan melampirkan:

  1. Daftar riwayat hidup ditandatangani oleh yang bersangkutan.
  2. Photocopy ijazah yang telah dilegalisir (dengan keterangan) dari Universitas atau Perguruan Tinggi yang bersangkutan.
  3. Photocopy transkrip nilai yang telah dilegalisir.
  4. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
  5. Tanda bukti berbadan sehat dan surat keterangan bebas narkoba dari rumah sakit pemerintah/swasta.
  6. Photocopy Kartu Tanda Penduduk.
  7. Pas foto 4 x 6 = 3 lembar, berwarna dengan latar belakang merah.
  8. Pas foto 2 x 3 = 3 lembar, berwarna dengan latar belakang merah.
  9. Photocopy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  10. Surat pernyataan yang ditandatangani diatas materai sebagaimana dimaksud dalam persyaratan umum staf ahli Badan Kerja Sama Parlemen (BKSP) DPD RI.
  11. Proses seleksi (assessment) calon Staf Ahli dilakukan oleh Badan Kerja Sama Parlemen (BKSP) DPD RI sesuai dengan mekanisme yang ditetapkan oleh Badan Kerja Sama Parlemen (BKSP) DPD RI.
  12. Calon staf ahli terpilih, oleh Badan Kerja Sama Parlemen (BKSP) DPD RI ditetapkan dengan keputusan Sekretaris Jenderal DPD RI. Pengangkatan staf ahli yang telah ditetapkan oleh Keputusan Sekretaris Jenderal DPD RI tersebut berlaku untuk satu tahun anggaran, kecuali apabila diberhentikan berdasarkan rekomendasi Badan Kerja Sama Parlemen (BKSP) DPD RI.

Keterangan lebih lanjut, Surat Lamaran dan Curriculum Vitae dapat menghubungi Set. Badan Kerja Sama Parlemen (BKSP) DPD RI) dengan No Telepon: 021-57897356/351

Jakarta,     November 2018

Sekretariat Badan Kerja Sama Parlemen (BKSP) DPD R

LAMPIRAN
  • 27 November 2018
    Kembali
    LIVE STREAM