x
Ketua DPD RI Minta Perguruan Tinggi Swasta Tingkatkan Daya Saing

dpd.go.id

SURABAYA, dpd.go.id- Ketua DPD RI Oesman Sapta mengatakan Perguruan Tinggi Swasta di daerah harus mampu meningkatkan kompetisi agar mampu bersaing. Menurutnya tidak ada kemakmuran suatu bangsa kalau daerah-daerah tidak dapat meningkatkan kemampuannya.

“Daya saing daerah tersebut akan menjadi akumulasi dari daya saing Negara,” ucap Oesman Sapta saat menjadi keynote speech dalam Rakenas I Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia di Surabaya, Jawa Timur, Senin (16/7).

Menurutnya hal ini merupakan tanggung jawab bersama untuk menyiapkan daerah dan kota-kota di Indonesia agar memiliki keunggulan komparatif masing-masing. Lantaran daerah-daerah akan terkoneksi dengan dunia global. “Untuk itu saya menaruh harapan yang besar kepada peran perguruan tinggi swasta,” harap Oesman Sapta.

Dengan demikan, lanjut Senator asal Kalimantan Barat itu, akan menghasilkan manusia berkualitas yang berpikiran kreatif dan inovatif, baik yang bekerja di perusahaan swasta maupun mencetak birokrat-birokrat yang unggul.

Ia menambahkan hal tersebut akan menciptakan kemandirian ekonomi. Tidak bisa dipungkiri tantangan Indonesia ke depan adalah bagaimana lepas dari ketergantungan kepada asing. “Kenyatannya, pertumbuhan ekonomi yang makin positif tidak terlepas dari ketergantungan kita pada asing,” kata Oesman Sapta.

Oesman Sapta menjelaskan dengan ketergantungan yang berlebihan pada negara asing akan membuat bangsa Indonesia tidak mandiri. Paling penting adalah kemandirian dalam mengelola sumber daya alam dan menghasilkan barang-barang keperluan hidup masyarakat kita sendiri.

“Tentunya Perguruan tinggi juga berperan untuk ikut terlibat dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, tidak hanya menyentuh bidang pemerintahan dan politik,” ujar Oesman Sapta.

Perguruan tinggi, sambungnya, berperan besar membantu pemerintah daerah untuk menciptakan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi yang baru. “Ini dapat menumbuhkan ekonomi yang baru di daerah-daerah sesuai dengan potensi dan karakteristik yang dimiliki,” tegas Oesman Sapta.

16 Juli 2018
Kembali
LIVE STREAM