x
Banyak Persoalan, LPDB-KUMKM Rencanakan Perbaikan di Tahun Ini

dpd.go.id

Jakarta, dpd.go.id – Selaku manajemen baru, Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) berencana melakukan review dan perbaikan untuk tahun 2018. Hal ini terungkap dalam Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komite IV DPD RI pada Selasa (06/02/2018).

Baru dilantik bulan Agustus lalu, Dirut LPDB-KUMKM, Braman Setyo mengaku belum bisa menuntaskan persoalan-persoalan pada tahun-tahun sebelumnya, “Perlu saya sampaikan bahwa banyak permasalahan-permasalahan yang muncul sekitar tahun 2011, 2012, 2013, dan sampai sekarang belum bisa diselesaikan. Hal ini berdampak pada permasalahan yang menyangkut masalah hukum,” ujar Braman.

Braman menyebutkan, salah satu kebijakan yang diambil LPDB-KUMKM untuk tahun 2018 adalah memberhentikan morotarium penyaluran pada pertengahan bulan Februari ini. “Sejak Agustus – Desember lalu, kami stop untuk melakukan morotarium penyaluran. Itu nantinya akan kita lakukan di tahun 2018 pada pertengahan bulan Februari ini,” jelas Braman di depan Wakil Pimpinan dan Anggota Komite IV DPD RI.

Adapun paparan lainnya terkait dengan laporan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB) yang mengalami kenaikan. Angka yang semula ditargetkan sebesar Rp 200 milliar, pada realisasinya sampai dengan bulan Desember 2017 menjadi Rp 207,82 miliar.

Disebutkan pula bahwa sepanjang 2017, LPDB-KUMKM hanya mampu merealisasikan penyaluran dana bergulir kurang dari 100 persen atau sekitar 79,40 persen dari target penyaluran dana bergulir sebesar Rp 1 triliun atau senilai Rp 793,9 miliar. “Proposal permohonan yang sudah disetujui oleh komite kredit sekitar satu trilliun, realisasi sampai dengan bulan Desember sebesar 793,9 milliar,” jelas Braman.

06 Februari 2018
Kembali
LIVE STREAM