x
Komite III Bahas RUU Sisnas IPTEK

dpd.go.id

Jakarta -- “Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan dampak yang sangat signifikan bagi bangsa kita, hal ini terlihat pada nilai ekonomi yang dihasilkan bagi kesejahteraan masyarakat” tutur Fahira Idris. Hal tersebut disampaikan Fahira dalam membuka Rapat Dengar Pendapat Umum yang membahas mengenai pandangan terhadap RUU tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Ruang Rapat Komite III, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (28/8/2017) pagi.

UU No. 18 Tahun 2002 menurut Komite III belum mampu memberikan kontribusi yang signifikan untuk bangsa oleh karena itu maka Komite III berinisiatif untuk mengajukan RUU tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Dalam rangka memperkaya materi substansi penyusunan RUU tersebut, Komite III mengundang Dr. Rohadi Awaludin, M.Eng, peneliti di Badan Tenaga Nuklir Nasional dan Dr. Tri Nuke Pudjiastuti, Deputi Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (IPSK-LIPI).

Dalam paparannya Dr. Rohadi Awaludin mengatakan bahwa dalam RUU Sisnas IPTEK perlu penegasan agar pemerintah mendorong industri untuk berpartisipasi dalam penyelenggaraan dengan instrumen-instrumen kebijakan yang dimilikinya. Kemudian Pemerintah juga perlu menata kembali kebijakan terhadap lembaga litbang pemerintah dengan memperhatikan kondisi yang mendukung bagi kegiatan litbang yang produktif dan penegasan agar pemerintah mendorong masyarakat senantiasa meningkatkan kreatifitas sebagai landasan sistem inovasi yang kuat.

Dr. Tri Nuke Pudjiastuti melihat isu penting lain untuk UU Sisnas IPTEK, harus ada pemetaan kebutuhan IPTEK yang tepat sesuai dengan karakteristik masyarakat sehingga akan muncul karakteristik lembaga IPTEK yang mumpuni dan tentu dengan keterlibatan pemerintah, industri, masyarakat dan lembaga IPTEK itu sendiri.

Sebelum menutup rapat, Pimpinan Komite III Fahira Idris berharap RDPU yang diselenggarakan ini dapat memperkaya materi RUU Sisnas IPTEK yang akan diajukan oleh Komite III DPD. (nis)

 

28 Agustus 2017
Kembali
LIVE STREAM