Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia
DPD RI : The Senate Of The Republic Of Indonesia
03 April 2012
http://www.dpd.go.id/

Jakarta, dpd.go.id – DPD RI menggelar acara diskusi dengan tema “Peran, Fungsi dan Aktualisasi Senat dalam Sistem Parlemen di Berbagai negara” yang dihadiri oleh para narasumber dari negara-negara sahabat seperti Malaysia, Federasi Jerman, Jepang dan Australia, para pakar seperti Todung Mulya Lubis, Saldi Isra, para pembahas seperti Siti Zuhro, Irman Putera Siddin, Margarito Kamis, Mochamad Isnaeni Ramdhan, Kevin Evans dari Australia dan Pemerintah Daerah, bertempat di gedung Nusantara V Kompleks, Parlemen Senayan Jakarta, Selasa (03/04/2012).

Diawali oleh sambutan Ketua DPD RI, Irman Gusman menyatakan harapannya agar masukan dari para narasumber yang berasal dari berbagai negara ini dapat menjadi pertimbangan dan dapat diinterelasikan dengan sistem parlemen di Indonesia, khususnya oleh DPD RI. “Keberadaan DPD RI menurut saya adalah keniscayaan dan suatu hal yang penting untuk menjaga NKRI ini,” jelas Irman Gusman yang juga menegaskan perlunya mengenalkan dan mensosialisasikan sosok DPD RI kepada masyarakat sehingga DPD RI dapat dikenal sebagai “The Senate of The Republic of Indonesia”.

Acara dilanjutkan dengan penjelasan sistem parlemen yang dianut oleh beberapa perwakilan negara dengan sistem dua kamar (bicameral), salah satunya dari Jerman, Heidrun Tempel, yang membandingkan DPD RI dengan Bundesrat (Federal Council) yang merupakan salah satu dari lima pilar dari sistem konstitusional Jerman yang juga mewakili 16 federal states of Germany atau Lander.

Sistem Federal yang serupa dimiliki oleh Australia. Prof. Ian Marsh menjelaskan bahwa sistem Australia memiliki sistem parlemen bicameral yaitu Lower House yang disebut legislative Assembly/House of Assembly dan Legislative Council sebagai Upper House. Berbeda dengan dua pembicara sebelumnya, Wakil Dubes Malaysia, Syed Hasrin Tengku Husin menjelaskan sistem parlemen demokrasi Malaysia dan Hidetoshi Ogawa dengan the National diet of Japan.

Dalam sesi diskusi, Benyamin Davnie, Wakil Walikota Tangerang Selatan mendukung keberadaan DPD RI yang tidak hanya berperan dipusat tetapi juga didaerah “kami sepakat DPD RI perlu penguatan, DPD bukan hanya untuk daerah tetapi juga memperjuangkan daerah, seperti dana perimbangan keuangan pusat dan daerah” ujar Benyamin Davnie.

Sedangkan Todung Mulya Lubis menyatakan dan menanggapi pertanyaan dari audien, kapan tepatnya DPD RI melakukan Amandemen perubahan kelima UUD 1945, yaitu pada saat ini (periode ini) DPD RI harus utuh bersatu untuk menyerukan dan menyelesaikan kepentingan tersebut, walaupun berat dan sulit tetapi tetap harus dilakukan karena keberadaan DPD adalah utang sejarah “keberadaan DPD RI adalah utang sejarah, bagaimana daerah dikedepankan, daerah menjadi bagian yang penting dalam sistem ketatanegaraan kita” tegas Todung yang didukung oleh survei yang diadakan LSI terkait keberadaan DPD RI dengan hasil survei yaitu 78% responden berharap DPD memiliki kewenangan lebih luas dalam memutuskan UU terkait kepentingan daerah; 74% responden berharap DPD dapat menindaklanjuti hasil pengawasan terhadap pemerintah; 70% responden berharap DPD bersama DPR membuat UU; 71% responden berharap DPD bisa bersama DPR memberikan persetujuan atas RAPBN; 64% responden berharap DPD memiliki kewenangan untuk ikut mengangkat pejabat publik penting, seperti Hakim Agung, Gubernur BI, Panglima TNI, dan Kapolri; dan menariknya adalah 46,2% responden menjawab tidak tahu mengenai kewenangan yang dimiliki DPD saat ini.

Kesimpulan dari diskusi yaitu bahwa DPD RI harus tetap ada dan harus diperjuangkan, dan seperti disebutkan Emma Yohanna (Senator DPD RI dari Sumatera Barat) menyebutkan dalam pidato penutupan  sebagai ketua PHAL DPD RI mulai kini anggota DPD RI bisa disebut “Senator Indonesia”.

Kembali

KOMENTAR




Max 160 Karakter
Berapa hasil dari 93 - 43 =

Anggota DPD RI 2014-2019
Pimpinan DPD 2014-2019
Aceh
Bali
Bangka Belitung
Banten
Bengkulu
Daerah Istimewa Yogyakarta
Gorontalo
Jakarta
Jambi
Jawa Barat
Jawa Tengah
Jawa Timur
Kalimantan Barat
Kalimantan Selatan
Kalimantan Tengah
Kalimantan Timur
Kepulauan Riau
Lampung
Maluku
Maluku Utara
Nusa Tenggara Barat
Nusa Tenggara Timur
Papua
Papua Barat
Riau
Sulawesi Barat
Sulawesi Selatan
Sulawesi Tengah
Sulawesi Tenggara
Sulawesi Utara
Sumatera Barat
Sumatera Selatan
Sumatera Utara
Jejak Pendapat
Apakah Anda tahu nama Anggota DPD yang mewakili provinsi dimana Anda tinggal sekarang?
Tidak tahu satupun
Ya, Semua
Tahu, satu nama

View Result

Majalah DPD RI