Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia
DPD RI Merekomendasi Tiga Nama Calon Anggota BPK RI Pengganti Antar Waktu
16 Mei 2013
http://www.dpd.go.id/

Jakarta, dpd.go.id – DPD RI mengadakan Sidang Paripurna khusus dengan agenda pengambilan keputusan terhadap pertimbangan DPD atas calon anggota BPK penggantian antar-waktu Drs.Taufiqurrahman Ruki, SH yang dilaksanakan di gedung Paripurna DPD RI, Senayan - Jakarta,  Kamis, (16/05/2013). Berdasarkan pasal 18c, UU No. 15 Tahun 2006 tentang Badan Pemeriksa Keuangan  menyebutkan bahwa Ketua Wakil Ketua dan/atau Anggota BPK diberhentikan dengan hormat dari jabatannya dengan Keputusan Presiden atas usul BPK karena telah berusia 67 (enam puluh tujuh) tahun,  sehingga Komite IV DPD RI mengadakan seleksi Calon Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI  pengganti antar-waktu untuk periode sampai Oktober 2014 atas Drs.Taufiqurrahman Ruki, SH yang sudah pensiun.

Ketua Komite IV, Zulbahri M, menyampaikan laporan dalam rangka pelaksanaan tugas dalam menyusun pertimbangan tersebut, bahwa Anggota BPK tersebut dipilih oleh DPR dengan memperhatikan pertimbangan DPD, sedangkan Pertimbangan DPD sebagaimana dimaksud disampaikan secara tertulis yang memuat semua nama calon secara lengkap dan diserahkan kepada DPR dalam jangka waktu paling lama 1 (satu) bulan terhitung sejak tanggal diterimanya surat permintaan pertimbangan dari Pimpinan DPR.

Komite IV meranking calon anggota BPK berdasarkan fit and proper test calon anggota BPK dengan kriteria penilaian setiap calon anggota BPK yaitu kompetensi (pendidikan dan pengalaman) serta kecocokan (integritas dan kepemimpinan) selama dua hari (Senin-Selasa, 13-14 Mei 2013) dengan urutan dari urutan pertama sampai dengan urutan 22 yaitu Dr Hekinus Manao, Ak, MAcc, CGFM, Drs Eddy Rasyidin, MH, Rini Purwandari, Ak, MM, CPA, CRMP, Gunawan Sidauruk, SH, MM, Dr KRHT Jupri Bandang, SE, Ak, MM, Dr Drs Soemardjijo, SE, Ak, MM, BAc, Agus Joko Pramono, SST, Ak, MAcc, Ir Muchayat, Drs Zindar Kar Marbun, Drs Sutrisno, SE, MM, Akt, H Mukhamad Misbakhun, Ir Parwito, MSi, Ir Sumurung Halomoan Nami Naibaho, H Dodi Hidayat, SH, MM, Drs Dharma Bhakti, MA, H Habsul Nurhadi, SE, Ir Alwis, MM, Endang Sukendar, SKom, ST, H Drs Rustam Effendy, Drs Baharuddin Aritonang, MHum, John Reinhard Sihombing, SH, Jinarman Girsang, SE.

“Dari 22 calon anggota BPK tersebut, DPD merekomendasikan kepada DPR tiga nama calon Anggota BPK RI, pengganti antar waktu yaitu urutan pertama sampai urutan ketiga,” ujar  Zulbahri dalam laporannya. “Dengan tiga nama tersebut dengan kuadran nilai kompentesi dan nilai kecocokan tinggi,” tambahnya. DPD RI berpendapat bahwa anggota BPK RI yang akan dipilih oleh DPR seyogyanya dinilai berdasarkan bobot aspek integritas dan kompetensi dari ketiga nama rekomendasi tersebut. Selain itu DPD tidak merekomendasikan calon anggota BPK yang pernah dijatuhi pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan hukuman 5 (lima) tahun atau lebih.

Setelah laporan disampaikan, secara mufakat Sidang Paripurna menyetujui keputusan Komite IV tersebut menjadi Keputusan DPD RI sebagai Pertimbangan DPD RI kepada DPR tentang pertimbangan DPD atas calon anggota BPK penggantian antar-waktu.

Dalam Paripurna tersebut, ditetapkan juga sesuai dengan surat masuk dari presiden mengenai RUU tentang Perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, ditetapkan bahwa RUU tersebut dimandatkan kepada Komite I DPD RI untuk dibahas dan diawali dengan pengantar musyawarah oleh Pimpinan DPD RI.

Kembali

KOMENTAR




Max 160 Karakter
Berapa hasil dari 89 - 26 =

Anggota DPD RI 2014-2019
Pimpinan DPD 2014-2019
Aceh
Bali
Bangka Belitung
Banten
Bengkulu
Daerah Istimewa Yogyakarta
Gorontalo
Jakarta
Jambi
Jawa Barat
Jawa Tengah
Jawa Timur
Kalimantan Barat
Kalimantan Selatan
Kalimantan Tengah
Kalimantan Timur
Kepulauan Riau
Lampung
Maluku
Maluku Utara
Nusa Tenggara Barat
Nusa Tenggara Timur
Papua
Papua Barat
Riau
Sulawesi Barat
Sulawesi Selatan
Sulawesi Tengah
Sulawesi Tenggara
Sulawesi Utara
Sumatera Barat
Sumatera Selatan
Sumatera Utara
Jejak Pendapat
Apakah Anda tahu nama Anggota DPD yang mewakili provinsi dimana Anda tinggal sekarang?
Tidak tahu satupun
Ya, Semua
Tahu, satu nama

View Result

Majalah DPD RI