x
Ella M. Giri Komala Terpilih Sebagai Ketua PHAL DPD RI

dpd.go.id

Jakarta, dpd.go.id – Panitia Hubungan Antar Lembaga (PHAL) DPD RI menggelar sidang pleno dengan agenda pemilihan pimpinan PHAL Tahun Sidang 2012-2013 di Ruang Rapat Komite III, Senayan, Jakarta (27/08/12) siang. Wakil Ketua I DPD RI, Laode Ida bertindak sebagai pimpinan rapat yang memandu jalannya pemilihan.

Sebelum berlangsung pemungutan suara, masing-masing wilayah mencalonkan kandidat untuk diajukan dalam pemilihan. Dari wilayah Barat ada tiga calon yang diajukan antara lain: Emma Yohana (Anggota DPD RI dari Provinsi Sumatera Barat), M. Gazali (Anggota DPD RI dari Provinsi Riau), dan Hasbi Anshory (Anggota DPD RI dari Provinsi Jambi). Sedangkan Wilayah Tengah hanya memiliki 1 (satu) calon yaitu, R. Ella M. Giri Komala (Anggota DPD RI dari Provinsi Jawa Barat). Untuk wilayah Timur ada dua calon yaitu, Mudaffar Sjah (Anggota DPD RI dari Provinsi Maluku Utara) dan Mulyana Isham (Anggota DPD RI dari Provinsi Sulawesi Barat).

Terkait dengan ketentuan pemilihan pimpinan bahwa masing-masing wilayah hanya berhak mencalonkan 1 kandidat, maka disepakati untuk wilayah Barat mengajukan M. Gazali, sedangkan wilayah Tengah mengajukan Ella M. Giri Komala dan wilayah Timur mengajukan Mudaffar Sjah. Dengan demikian, ada 3 (tiga) kandidat yang bersaing pemilihan pimpinan PHAL, yaitu: M. Gazali, Ella M. Giri Komala, dan Mudaffar Sjah.

Atas usul Sultan Bakhtiar Najamudin (Anggota DPD RI dari Provinsi Bengkulu) sebelum dilakukan voting (pemungutan suara) maka dilakukan musyawarah antara 3 (tiga) kandidat terpilih. “Sebaiknya dimusyawarahkan terlebih dahulu apabila tidak ada jalan keluar baru dilakukan voting,” ujar Sultan.

Tidak adanya titik temu antara 3 kandidat, disepakati untuk pemilihan pimpinan PHAL dilakukan melalui voting. Diikuti oleh 19 pemilih, hasil suara terbanyak menentukan Ella M. Giri Komala sebagai Ketua PHAL dengan mengantongi 10 suara, diikuti M. Gazali sebagai Wakil Ketua I dengan perolehan 6 suara dan Mudaffar Sjah sebagai Wakil Ketua II dengan perolehan 3 suara.

Sebelum menutup sidang, Laode Ida menyampaikan harapannya agar PHAL menjalin hubungan baik dan memperkenalkan DPD pada dunia internasional. “Kita tidak akan pernah diperkenalkan oleh orang lain kecuali kita memperkenalkan diri sendiri. PHAL sebagai sarana komunikasi untuk memperkenalkan DPD dan membangun hubungan antar lembaga di luar negeri. Fungsinya memang untuk itu, kalau di dalam negeri sudah diwakili oleh alat kelengkapan lain, PHAL untuk berpartisipasi dalam forum-forum internasional. Selamat kepada teman-teman bertiga yang terpilih sebagai pimpinan,” ujar Laode seraya menyerahkan palu sidang kepada Ketua PHAL terpilih.

27 Agustus 2012
Kembali
LIVE STREAM