x
Panmus Siapkan Draf Penyusunan Panduan, Pandangan, dan Pendapat/Pertimbangan DPD RI atas RUU dari Pemerintah/DPR RI

dpd.go.id

Jakarta, dpd.go.id – Untuk menunjang pelaksanaan tugas konstitusional DPD RI dalam bidang legislasi, Panitia Musyawarah (Panmus) DPD RI berupaya menyusun draft penyusunan panduan, pandangan, dan pendapat/pertimbangan DPD RI atas RUU dari Pemerintah/DPR RI. Dalam rapat pleno tim kerja Panmus pada Selasa, (12/02/2012),  staf ahli Panmus, Irfan R. Hutagalung, mengatakan selain untuk membantu alur mekanisme penyusunan pandangan, pendapat, dan pertimbangan DPD RI atas suatu RUU, panduan ini juga membantu bagaimana memahami suatu RUU.

“Rancangan Undang-undang merupakan rancangan kebijakan publik, sehingga harus dikaji dari segala aspek baik sumber dan cakupan substansi RUU, subjek yang dimaksud dalam RUU, hingga motif dan manfaat dari disusunnya RUU tersebut pada saat diimplementasikan/diundangkan,” papar Irfan.

Dengan adanya panduan tersebut, Ketua Timja Farouk Muhammad, mengharapkan agar dalam memberikan pandangan, pendapat dan pertimbangan, setiap alat kelengkapan DPD RI khususnya Komite-komite, dapat mempertajam kajiannya sehingga mencakup banyak hal yang substantif. “Selama ini kita sering hantam kromo dalam menyusun pendapat, pandangan atau pun pertimbangan DPD atas RUU dari DPR/Pemerintah, setelah mendengar pemaparan dari staf ahli kita menjadi dapat mempertajam pandangan dari banyak aspek,” ujar Farouk dalam Rapat Pleno dengan agenda ‘Pemaparan Staf Ahli terkait draft penyusunan panduan, pandangan, dan pendapat/pertimbangan DPD RI atas RUU dari Pemerintah/DPR RI.’ (saf)

12 Februari 2013
Kembali
LIVE STREAM