x
Pemekaran Calon Daerah Otonom Sumatera Selatan Di Setujui DPR RI

dpd.go.id

Jakarta, dpd.go.id – Seluruh Fraksi di Komisi II menyetujui Pemekaran Calon Daerah Baru Musi Rawas Utara menjadi Kabupaten di Sumatera Selatan Fraksi tersebut adalah fraksi Demokrat, Golkar, PKS, PAN, PPP, PKB, Gerindra dan Hanura. Rapat yang di gelar dalam Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta (05/06/13).

Pimpinan rapat Komisi II DPR RI (Agun Gunandjar Sudarsa) dalam penjelasannya pembahasan Prolegnas terhadap 19 (sembilan belas) RUU tersebut sudah dimulai dari bulan juni 2012. Pada tanggal 25 Oktober 2012 sampai dengan tanggal 4 Juni 2013 telah disahkan 14 (empat belas) RUU yang sudah disahkan DPR RI, 5 (lima) diantaranya adalah RUU Pembentukan Daerah Otonomi Baru antara lain pertama Kabupaten Musi Utara di Provinsi Sumatera Selatan; kedua Kabupaten Muna Barat di Provinsi Sulawesi Tenggara; ketiga Kota Raha di Provinsi Sulawesi Tenggara; keempat Kabupaten Buton Tengah di Provinsi Sulawesi Tenggara; dan kelima Kabupaten Buton Selatan di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Konflik Perbatasan Peta Batas Wilayah Provinsi Jambi dengan Provinsi Sumatera Selatan, khususnya batas wilayah antara Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi dengan Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan sudah diselesaikan “Gubernur Jambi menyempaikan bahwa seyogyanya para pejabat yang berwenang menandatangani Peta Batas Wilayah bagi semua daerah yang berbatasan dengan langsung dibubuhi di atas Peta Batas Wilayah yang telah disepakati oleh masing-masing pejabat, agar suatu saat nanti tidak ada yang mempermasalahkan daerah perbatasan tersebut.” Ujar Rahmat Shah (anggota DPD RI asal Sumatera Utara).

05 Juni 2013
Kembali