Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia
SURAT SUARA UNTUK CALON ANGGOTA DPD RI TIDAK MENGGUNAKAN NOMOR URUT
28 Agustus 2013
http://www.dpd.go.id/

Jakarta, dpd.go.id – Menjelang penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2014, alat kelengkapan Komite I, mengundang Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam rapat dengar pendapat (RDP) terkait dengan UU Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD. “Kami menyelenggarakan dengar pendapat ini untuk mengetahui secara lanjut terkait penyelenggaraan tahapan Pemilu 2014,” tegas ketua Komite I Alirman Sori (anggota asal Provinsi Sumatera Barat), dalam pengantar rapat, Rabu  (28/08/13).

Sementara itu, untuk 16 poin persyaratan menjadi anggota DPD dan persyaratan dukungan minimal, secara teknis dan implementasinya tidak jauh berbeda dengan tahun lalu, “akan tetapi, sebaran dukungan harus tersebar di 50% dari jumlah Kabupaten kota Provinsi yang bersangkutan,” jelas Husni (ketua KPU) yang juga menggaris bawahi untuk tata cara pencalonan 2014 mendatang, para calon dapat menggunakan KTP dari daerah manapun tidak terbatas di daerah pemilihannya saja.

Mendengarkan paparan ketua KPU, segenap Anggota Komite I mengajukan pertanyaan dan memberikan masukan terkait dengan tata cara kampanye, apa alasannya kenapa perubahan surat suara untuk menjadi anggota DPD tidak menggunakan nomor urut karena konsituen yang berada di daerah susah mengenal wakil rakyatnya ujar I Wayan Sudirta (anggota asal Provinsi Bali),

Mengenai masalah penomoran yang tidak ada dalam surat suara untuk DPD RI, dijelaskan Husni bahwa karena dalam UU Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD tidak ada maka dari pada itu kita sebagai anggota KPU tidak memprioritaskan dan tidak dicantumkan dalam surat suara.” kata Husni.

Pada akhir dari sidang Rapat Dengar Pendapat Komite I, Alirman memberikan keputusannya “bahwa dalam sidang ini memberikan rekomendasi kepada Ketua KPU untuk surat suara untuk DPD RI harus memiliki nomor urut dikarenakan akan ada kesulitan untuk kensituen yang memilih anggota DPD RI”

Kembali

anyew
25 November 2013 10:09:52
anyew_yess@yahoo.co.id

"mendingan gak usah menggunakan no bos,andai kan ada di kertas suara no,kita harus mulai dari no 16..karna takut ada kecemburuan social yang no nya gak sama deng"

Danang Riyanto
14 November 2013 13:37:54
danang_78@yahoo.co.id

"Memang benar didalam ketentuan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 pasal 76 ayat 2 bahwa "daftar calon tetap anggota DPD disusun berdasarkan abjad dan dil"

H.A. Muhaimin,
10 Oktober 2013 12:48:18
muhaimin.mt@gmail.com

"DCT DPD RI sudah diumumkan yang tidak boleh berubah karena intervensi siapapun. Nomor urut memang memudahkan pemilih. Kalau kebetulan nomor urutnya sama dg par"

KOMENTAR




Max 160 Karakter
Berapa hasil dari 41 + 18 =

Anggota DPD RI 2009-2014
Pimpinan DPD 2009-2014
Aceh
Bali
Bangka Belitung
Banten
Bengkulu
Daerah Istimewa Yogyakarta
Gorontalo
Jakarta
Jambi
Jawa Barat
Jawa Tengah
Jawa Timur
Kalimantan Barat
Kalimantan Selatan
Kalimantan Tengah
Kalimantan Timur
Kepulauan Riau
Lampung
Maluku
Maluku Utara
Nusa Tenggara Barat
Nusa Tenggara Timur
Papua
Papua Barat
Riau
Sulawesi Barat
Sulawesi Selatan
Sulawesi Tengah
Sulawesi Tenggara
Sulawesi Utara
Sumatera Barat
Sumatera Selatan
Sumatera Utara
Jejak Pendapat
Apakah Anda tahu nama Anggota DPD yang mewakili provinsi dimana Anda tinggal sekarang?
Tidak tahu satupun
Ya, Semua
Tahu, satu nama

View Result

Majalah DPD RI